Thursday 1 January 2015

Tips menjadi mahasiswa sukses di Erzurum

Intro
Pertama kali saya ke Erzurum, saya bergaya. Di akhir musim gugur yang menyebalkan bagi para penyapu jalan, ternyata salju sudah turun diikuti oleh angin kencang beserta anaknya bernama masuk angin. Jadilah di omeli oleh kakak kakak saya (Dokter yang mencintai hewan satunya lagi dokter yang mencintai ibu hamil) sangat perhatian kepada saya. .Mbak Laila dan Mbak Artina. Kompak mengomel. “Kenapa sih dek nggak pake jaket?” Kemudian saya menjadi lebih sering mendengarkan keluh kesah “Ini kota apa kulkas sih”. Lalu kami bertiga merasa menjadi trio macan yang kemana mana selalu bersama berpelukan.
Saya terlampau menjadi gamang untuk membedakan mana yang benar. Kata teman yang dari Rusia dia bilang “Rusya daha sicak” Yang berarti Rusia lebih hangat dari Erzurum. Kemudian saya bengong. Lalu pikiranku melayang saat masih di Jakarta. Tepat berada di depan Kedutaan Besar Turk bertemu dengan wanita muda yang curhat kalau sedang  menunggu adiknya mendaftar visa. “Eh mbak di Erzurum ya? Hati hati lho jaga kesehatan” “Eh kenapa?” “Semua orang tahu Erzurum kota paling dingin di Turki. Akhir musim dingin di Istanbul sudah terlihat matahari tapi di Erzurum saljunya masih sedengkul”. Dia melambai meninggalkan saya bersama seorang lelaki di mobil yang berseragam supir taksi.
Tips menjadi mahasiswa sukses di Erzurum
·         Kalau anda sedang berada di Erzurum. Jangan lupa bawa syrup. Karena salju abadinya bisa dibikin es doger.
·         Anda harus terus menatap ke bawah. Bukannya saya merekomendasikan untuk tidak move on. Karena menurut pengalaman pribadi jalan di Erzurum saat musim salju sangat berbahaya untuk kesehatan dengkul.
·          Untuk memastikan suhu secara sistematis dan akurat. Cek suhu terkini di smartphone. Karena akan sangat sulit menemukan thermometer umum yang normal. Karena di bawah -27 dipastikan error.
·         Saat berbicara dengan orang Erzurum asli, dengarkan baik baik. Karena Bahasa Turki menurut Ejaan Yang Dibenarkan tidak berlaku di Erzurum. Contohnya “ne yapiyorsun” berubah menjadi “neydirsen”. Kata “ders çalısıyorum” menjadi “ders çalışirem”
·         Disarankan membawa tissue kemanapun berada. Meler cairan bening atau cairan merah dari hidung 99% sangat dimungkinkan terjadi.
·         Untuk menjaga kesehatan kulit, mandi sehari sekali sangat dianjurkan. Karena bau sangat mengganggu terutama di kala berada di kelas mengacung tangan ke dosen atau sedang membersihkan papan tulis. Seganteng apapun anda.
Prolog
Menyenangkan menjadi bagian dari Ataturk Universitesi karena di Universitas ini pernah menjadi host olimpiade Winter Universiade tahun 2011 yang pernah di ikuti oleh China, USA, Jerman, dan 9 negara musim dingin lainnya. Kampus terluas no. 2 setelah Istanbul University di Turki. Sensası salju yang tidak akan pernah didapatkan di kota manapun di Turki.

            Tulisan ini bukan curhat. Bukan artikel. Bukan saran. Bukan rekomendasi. Hanya sebuah tulisan. Jika anda tetap nekat untuk mendaftar ke Ataturk University yang bertepatan di central city Erzurum, maka anda akan seperti trio macan Erzurum. Goyang dombret. Kedinginan. BRRRRRR. 

No comments:

Post a Comment