Thursday 1 January 2015

Berpetualang ke Erzurum Castle

Erzurum? Siapa yang tak kenal Erzurum adalah Kota terbesar di Anatolia selatan (Dogu Anadolu) ini adalah salah satu kota yang banyak memiliki tempat bersejarah. Erzurum sebagai kota dengan kepadatan ke-26 di Turki ini merupakan kota yang asik karena banyak tempat wisata yang bisa disinggahi. Menurut sejarah, Erzurum dulu bernama  "Erzenu'r Rûm " (Erzen-i Rûm) “Arzurum” yang berasal dari asal muasal kata bahasa Arab “Arzu” yang berarti daerah/ wilayah dan “Rum” yang berarti Roma. Dinamakan demikian karena Erzurum telah ditinggali oleh bangsa Roma sekitar hampir 7 abad dari abad ke 6 sampai ke 10 tepatnya tahun 654 M sampai hingga pada tahun 1048 dikuasai oleh Kerajaan Seljuk.
Bicara tentang Kerajaan Seljuk, ada salah satu bangunan peninggalan yang menarik di masa ini. Salah satunya adalah Clock Tower atau yang biasa disebut dengan Erzurum Saat Kulesi. Tahukah kamu? bahwa tidak hanya di Izmir, Amasya, Ankara atau di kota kota lain saja kita bisa menemukan Saat Kulesi (Clock tower) namun kita bisa mengunjungi salah satu tempat bersejarah di Erzurum ini. Yap, namanya adalah Erzurum Saat Kulesi. Bangunan tua ini berada di pusat kota Erzurum, tidak jauh dari Cifte Minareli Medresesi dan Ulu Cami. Terletak di dataran tinggi Ickale, Saat Kulesi Erzurum ini berdampingan dengan Tepsi Minare (Menara Tepsi).

                Menurut sejarah menara jam di Erzurum ini dibangun oleh Kerajaan Seljuk pada abad ke 12 pada masa pemerintahan raja Emir Muzaffer Gazi. Bangunan ini sudah direnovasi 2 kali. Renovasi pertama dilakukan pada tahun 1834 dan renovasi kedua dilakukan pada 1881. Menara jam di Erzurum ini berbeda dengan menara jam lain di Turki. Konon, Erzurum saat kulesi di klaim merupakan menara jam paling tua di Anatolia.

No comments:

Post a Comment