Wednesday 15 April 2015

Devlet Yurdu/ KYK (Asrama Mahasiswa dari Pemerintah Turki)






Pemerintah Turki memiliki kebijakan untuk menempatkan asrama pemerintah / Yuksek Ogrenim Kredi ve Yurtlar Kurumu (KYK) diperuntukkan mahasiswa Turki maupun mahasiswa internasional yang sedang menjalani masa studi. Asrama yang dikelola oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Turki/ Genclik ve Spor Mudurlugu ini mempunyai lebih dari 31 cabang di seluruh kota, termasuk di Erzurum.
A.      Sejarah didirikannya KYK
Dalam masa kerajaan Seljuk dan masa kekuasaan Kekhalifahan Uthmani ditemukan banyak Medrese atau pusat studi. Medrese tersebut menampung muda mudi untuk belajar sekaligus di dalamnya.
                Terinspirasi dari peradaban keilmuan yang diturunkan oleh kerajaan Seljuk dan kekhalifahan Uthmani, pemerintah Turki sejak tanggal 3 Mei 1949 dengan nomor Undang Undang 5375 memutuskan untuk membangun asrama pemerintah yang diresmikan pada 10 Desember 2010 oleh Presiden Abdullah Gul.
                Asrama yang tersebar di 20 Bolge Mudurlugu/ Karesidenan ini diatur dalam Undang-Undang nomor 351, 2547, dan 5102.
B.      Fasilitas dan Pelayanan
Asrama pemerintah ini jika dibandingkan dengan menyewa rumah lebih murah dan mudah. Hanya dengan membayar sekitar 120-200 lira saja sudah bisa tinggal di asrama. Tentunya dengan mendaftar lewat website resmi www.kyk.gov.tr dan mengisi formulir yang telah tersedia. Namun untuk penerima beasiswa Turkiye Burslari tidak perlu melakukan itu cukup menunjukkan email penempatan asrama dari YTB yang telah di print sebelumnya dan tidak perlu membayar uang sewa.
Selain itu fasilitasnya juga tidak kalah bagus dengan menyewa rumah sendiri. Sebagai gambaran umum, sudah dipisahkan antara asrama laki-laki dan perempuan. Tahun 2012 yang lalu, misalnya KYK di Erzurum baru dikeluarkan aturan terbaru yaitu dipisahkan antara asrama laki-laki dan perempuan sehingga asrama  Palandoken yang berada di samping Fakultas Ilahiyat itu berubah menjadi asrama Nenehatun dan Alvalri Efe yang sekarang hanya ditempati perempuan dan asrama laki-laki pindah di tiga tempat, yaitu KYK Kazim Karabekir yang berada di samping Cinetekno, KYK Palandoken yang berada di pusat kota Erzurum, dan KYK Ibrahim Hakki yang berada di distrik Ilica.
Berikut ini adalah penjabaran tentang asrama Nenehatun yang saya tempati. Di setiap kamar ditempati oleh 6 orang namun juga diimbangi dengan luas kamar. Di setiap kamar mempunyai luas yang cukup lebar yaitu 9x9 meter sehingga untuk menari halay atau horon ala Turka dengan leluasa. Ranjang pun di desain mempunyai dua tingkat sehingga memangkas ruang yang lain. Di dalam ruang kamar bisa didapati kulkas, meja belajar, kalorifer(penghangat ruangan) kursi dan lemari. Namun ada kalanya masalah-masalah internal dapat ditemukan karena yang tinggal tidak hanya satu orang, maka seringkali ada berbagai masalah antar penghuni ruangan tersebut. Kalau ada masalah dengan teman sekamar ataupun mendapat perlakuan yang tidak baik bisa diadukan ke Yurt Mudur  
Fasilitas lainnya antara lain adalah Ruang belajar atau Etut/Calisma Odasi yang didesain untuk belajar dan setiap orang bisa belajar tanpa gangguan suara dan gangguan yang lain dengan penuh konsentrasi. Kafeterya di dalmnya pun tersedia makanan dengan banyak variasi. Untuk mendapatkan makanan ini bisa dengan mengantri dan absen dengan sidik jari kemudian akan mendapatkan kupon makanan sesuai dengan yang diinginkan sepanjang seharga 5 TL. Misalnya buah buahan, makarna, doner, et yemegi, dsb. Selain itu pihak KYK juga mengadakan berbagai kegiatan seperti seminar, workshop, pelatihan dan juga kursus. Sebagai contoh adalah seminar dengan berbagai tema kepemudaan, pelatihan dan kursus seperti ebru (melukis di atas air) baglama (alat music turki berbentuk seperti gitar namun lebih bulat) dan lain sebagainya. Selain itu di KYK juga ada pelayanan psikologi untuk pemuda sehingga kalau ada masalah bisa curhat dengan psikolog langsung.

Tinggal di asrama sangatlah menyenangkan. Home Sweet Home ^_^

2 comments:

  1. Assalamualaikum Kak.

    Perkenalkan Saya Rafly Ibrahim Fitrah siswa kelas 12 di suatu SMA di Jakarta. Mau tanya - tanya nih kak.
    1. Pembukaan beasiswa ini biasanya mulai bulan apa ya kak?
    2. Jika misalnya pembukaan beasiswa ini dibuka sebelum ijazah sekolah Saya terima, bisa gak Saya mengajukan beasiswa?
    3. Apakah nilai rapor itu penting untuk beasiswa ini? Soalnya nilai Saya ga bagus bagus banget Kak hehe
    4. Bisa kan Saya mengambil jurusan yang berhubungan dengan Agriculture (pertanian)?
    5. Apakah uang yang diberikan oleh pemerintah Turkey cukup untuk makan dan kebutuhan lain? Sehingga tidak perlu minta orang tua yang di Indonesia?

    Mohon jawabannya ya kak :)

    Oh iya, boleh bagi E-mail atau kontak socmed Kakak yang bisa Saya hubungi untuk bertanya?

    Terima kasih :)

    Wassalamuilum

    ReplyDelete
  2. Kak bisa post ruang belajarnya? mau liat gambar asrama nya lebih spesifik lagi :)

    ReplyDelete