Wednesday 18 February 2015

Pengalaman Beasiswa S1 Turki Chapter#2 Dimana, ya?

Perhatikan Tanggal ! 
Bulan Januari-Februari adalah periode yang penting untuk "Para Pencari Beasiswa" karena di bulan-bulan ini Beasiswa umumnya sudah dibuka dan ditutup dalam jangka waktu "mingguan". Jika telat mendaftar, tahu sendiri akibatnya. Menyesal sekali. Sangat-amat menyesal, ketika saya dulu tidak jadi mendaftar Beasiswa Ancora Foundation Khazanah Malaysia karena telat mendaftar. Menangislah dulu saya sambil guling-guling. Padahal saat itu saya kira pertengahan Januari, eh ternyata tanggal 1 Januari 2013 sudah ditutup. 

Tahun Menegangkan, Tahun 2013
Penentuan dari masa depan dimulai di awal di tahun ini. Ketika saya dulu masih belum berumur genap 18 tahun, saya mencari peluang yang ada. Dari sekian banyak lowongan beasiswa dalam dan luar negeri yang sudah saya sebutkan di Chapter#1 hampir semuanya saya apply. Karena, dari 100 busur panah yang telah kita tembakkan, pasti ada satu yang meleset. Adalah prinsip saya ketika itu. Tanggal-tanggal penting seperti kapan beasiswa tersebut dimulai dan deadline-nya, saya tulis dan saya beri keterangan khusus di buku diary. Karena kebanyakan tanggalnya mepet dan hampir bersamaan.

Pergolakan di SMA
Masa pendaftaran SNMPTN melalui raport sudah dimulai. Berbondong-bondong manusia muda kelas 3 SMA dari seluruh penjuru negeri bernama Indonesia sungguh ramai untuk mendaftar. Karena pada tahun 2013 yang lalu SNMPTN sudah free of charge alias gratis tis tanpa membayar seperserpun seperti yang terjadi pada tahun lalu. Ketika anak anak lain masih sibuk konsultasi dengan BK, saya sudah memantapkan hati untuk memilih UI. Dambaan hati saya yang kece badaaai. 
Namun pilihan itu berujung fatal. Saya dianggap terlalu ketinggian dalam bermimpi. Oleh teman-teman, oleh guru-guru, oleh guru BK terutama. Jadilah saya bahan perbincangan yang empuk. Apalah dayaku yang hanya seorang gadis desa ini. Punya mimpi sekolah lagi di tempat yang bagus saja dianggap tabu.
Namun semangat untuk tetap setia pada hati masih ada, berkobar kobar di dalam dada. Ku bilang pada diriku sendiri, aku bisa.. *yeyeyelalala

Beasiswa yang lain
Persiapan itu lebih penting dari segalanya. Karena itu pencarian di satu beasiswa saja tidak cukup sepertinya. nah oleh karena itu diperlukan ketekadan yang sungguh untuk mendapatkannya. Kalau kata kak Siti(salah satu orang yang saya kagumi), just be the best of yourself! Tunjukkan yang terbaik yang kamu bisa lakukan. Semangat! 
Nah, ada beberapa beasiswa yang pernah saya apply dan saya rekomendasikan nih untuk adek adek...
1. Beasiswa Etos
Beasiswa ini dikeluarkan oleh lembaga yayasan Dompet Dhuafa. Sebuah yayasan yang bergerak di bidang sosial untuk membantu anak muda generasi Indonesia agar tidak putus sekolah, dll. Beasiswa ini mensyaratkan untuk lulus SNMPTN atau SBMPTN atau UM di universitas tertentu(umumnya PTN). Nah kalau lolos, dari beasiswa ini bisa dapat uang saku Rp. 500.000 perbulannya selama satu tahun full dan mungkin seterusnya juga akan dapat lagi. Selain itu juga dapat pembinaan. Pembinaan ini yang menurut saya penting karena anak muda itu serba ingin tahu dan kalau teman-temannya tidak tepat apalagi tidak terarah sulit untuk di rehabilitasi lagi. Nah pada saat itu saya nge apply nya sekitar bulan Februari. Seleksinya meliputi seleksi dokumen dan seleksi wawancara. Setelah saya keterima seleksi dokumen, sekitar sebulan kemudian saya pergi untuk test wawancara yang saat itu bertempat di Gedung Teknik Sipil ITS di Surabaya (yang paling dekat di area Jawa Timur).
2. Beasiswa Universitas Paramadina
Universitas pimpinan Bpk. Anies Baswedan ini kata beberapa orang dianggap universitas Islam yang banyak JIL-nya. Tapi menurut saya sih, gapapa kuliah di situ. Nah, beasiswa ini lumayan banyak persyaratannya. Tapi udah di cover semua dari biaya kuliah dan juga termasuk biaya hidup selama kuliah di situ. Sebanding lah..
3. Beasiswa Universitas Al Azhar Indonesia
Dulu nggak begitu populer di antara beasiswa yang lain, karena informasinya lumayan minim sih. Tapi boleh dicoba juga kalo adek adek mau. 
4. Rajin rajin seaching aja ya..

No comments:

Post a Comment